Gangguan Reproduksi

MENANGANI GANGGUAN REPRODUKSI
DENGAN MINUMAN KESEHATAN

Seseorang perempuan akan memperoleh derajat kesehatan reproduksi yang optimal apabila energi vital didalam tubuhnya baik. Energi vital ini diperoleh seseorang dari orang tua, makanan, minuman, hawa udara dan lingkungan yang menunjangnya. Kalau salah satu faktor tersebut tidak berkualitas baik, maka pembentukan energi vital tidak sempurna dan menyebabkan munculnya keluhan-keluhan fisik atau mental yang lazim disebut sakit (illness). Karena kualitas energi vital tidak baik maka beberapa organ tubuh akan tererang oleh penyakit.
Untuk mempertanyakan apakah kualitas kesehatan reproduksi seorang perempuan baik : tanyalah bagaimana orang tua yang melahirkannya, makanan, minuman, hawa udara yang dikonsumsi dan lingkungan yang menunjangnya. Oleh karena itu, jika kita mengharapkan kesehatan reproduksi seorang perempuan baik, tidak hanya memeliharanya ketika hamil sampai melahirkan saja.
Beberapa gangguan kesehatan reproduksi :
Yang dapat digolongkan ke dalam gangguan kesehatan reproduksi perempuan adalah :
a. Gangguan kesehatan pada masa kehamilan dan melahirkan serta dampak yang muncul sebagai akibatnya, baik fisik maupun psikis, seperti infeksi saluran uterus, luka, kanker buah dada, trauma terhadap kehamilan dan kelahiran.
b. Sindrom menstruasi yang tidak wajar sehingga kondisi tubuh menjadi lemah
c. Keputihan karena berbagai sebab
d. Penyakit kronis yang kambuh karena kehamilan seperti malaria dan tbc
e. Dan berbagai dampak kesehatan yang disebabkan oleh alat kontrasepsi
Beberapa cara penanggulangan gangguan kesehatan reproduksi
1. Kondisi badan lemah
Minum rebusan Temulawak dicampur madu. Rimpang Temulawak sebesar telor itik diiris-iris dan direbus dengan 4 gelas air sampai tinggal 2 gelas. Minum pagi dan sore @ 1 gelas dan tambah madu 1 sdt / gelas.
2. Keputihan
Minum rebusan akar 3 pohon Sudamala, 1 jempol Jahe. Rebus dengan air 4 gelas sampai tinggal 2 gelas. Tiap gelas tambah madu atau gula merah secukupnya. Untuk menghilangkan rasa gatal dan bau, berendam dalam air rebusan Sirih, daun jambu biji dan sembung
3. Menstruasi tidak wajar
Minum rebusan Temulawak sebesar telor itik, Kunir 3 jari tangan dan Asam secukupnya. Direbus dengan air 4 gelas sampai tinggal 2 gelas, minum pagi dan sore @ 1 gelas.
4. Menstruasi berkepanjangan
Rebus segenggam daun Pacar Cina dengan air 4 gelas jadi 2 gelas. Minum pagi – sore @ 1 gelas.
5. Gangguan buah dada
Buah dada bengkak, biasanya disertai sakit berdenyut dan demam serta tidak nafsu makan.
Kompres dengan bubur asam lama dan garam. Minum air perasan buah mengkudu dicampur madu. Makan daun pohon dewa 3×3 lembar tiap hari. Juga bisa dikompres dengan daun dewa.
6. Menstruasi berhenti mendadak
Biasanya karena tekanan batin mendadak atau terkejut. Minum rebusan daun Seribu. Segenggam daun Seribu direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Minum siang hari.
7. Menstruasi tidak teratur
Disebabkan oleh darah dan energi vital yang lemah karena tekanan batin, fungsi limpa tidak baik, kelelahan yang berkepanjangan. Jika dilanda oleh tekanan batin berkepanjangan, sehingga tidur gelisah, nafsu makan hilang, keringat dingin terutama di telapak tangan dan kaki, kadang-kadang terbatuk-batuk gunakan :
Daun sembung, rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari @ gelas dan tambah 1 sdm madu.
8. Menstruasi sedikit
Minum sari apel, tomat, dan wortel 2 kali sehari @ 1 gelas. Makanan gizi tinggi tidak berlemak.